Curug Cimahi

Sebelum Berkunjung Ke Curug Cimahi, Ketahui Dahulu Info Ini

Bandung sebagai salah satu kawasan bahasa Sunda menyimpan banyak kejutan. Salah satunya adalah Curug Cimahi. Curug memiliki arti air terjun dan Cimahi merupakan salah satu tempat di Jawa Barat. Berikut adalah ulasan mengenai air terjun satu ini.

Lokasi Curug Cimahi

Menemukan tempat ini cukuplah mudah karena letaknya yang tepat berada di pinggir jalan tepatnya di Jalan Kolonel Masturi No. 325, Cisarua, Bandung Barat, Jawa Barat. Patokan dari tempat ini adalah Universitas Advent Bandung.

Kondisi curug Cimahi cukup terawat. Dari gerbang  atau pintu masuk, pengunjung disambut dengan anakan tangga selama kurang lebih 15 – 20 menit. Agar tidak merasa kelelahan, disarankan untuk memakai alas kaki yang nyaman.

Waktu Operasional

Tidak perlu ragu lagi untuk menuju tempat ini di hari apapun karena tempat ini buka setiap hari dari Senin sampai Minggu. Curug ini juga dibuka mulai pagi hingga malam yaitu tepat pada pukul 08.00 – 21.00 WIB.

Harga Tiket Dan Rute Menuju Curug Cimahi

Ada tiga pilihan untuk menuju lokasi Curug Cimahi yaitu dari arah pusat kota Bandung, Lembang, dan arah Kota Cimahi. Yang paling mudah adalah melalui rute Lembang. Rutenya hanya dengan menuju terminal angkot Cisarua, lalu menuju pertigaan ke Dusun Bambu. Dari tempat tersebut sudah mulai terlihat papan jalan yang memudahkan menuju curug.

Untuk masuk ke curug ini tidak menghabiskan dalam jumlah yang cukup banyak. Tiket di tempat ini dikenakan biaya Rp 15.000 dan untuk parkirnya sendiri Rp 2.000. Awalnya, nama Cimahi yang juga merupakan salah satu nama tempat di Jawa Barat diabadikan pada salah satu sungai yang memiliki hulu di Situ (Danau) Lembang. Suhu kawasan curug ini sekitar 18 – 22 derajat dan untuk mencapainya harus menuju ketinggian 1050 mdpl.

Daya Tarik Curug Cimahi

Mencapai ketinggian 87 meter, Curug Cimahi memecahkan rekor sebagai salah satu air terjun tertinggi di Bandung. Hal tersebut menjadi keunikan yang lain daripada lainnya. Keunikan Curug Cimahi memancing daya tarik lainnya untuk muncul. Berikut adalah rincian mengenai daya tarik yang dimilikinya.

1. Fasilitas Umum Yang Lengkap

Curug ini memiliki fasilitas umum yang terbilang lengkap. Mulai dari mushola, tempat parkir, kamar mandi, dan tempat bersantai (gazebo dan dek), semuanya sudah mencukupi standar kenyamanan pengunjung.

2. Air Terjun Yang Bening

Sebagai ukuran bersih dan tidaknya air terjun, kita bisa melihat dari capung dan kupu – kupu yang berlalu lalang di area air terjun. Di tempat ini, air terjun bersih. Warna air cukup bening sehingga sejuk dipandang mata.

3. Hewan-Hewan Yang Hidup Dengan Bebas

Kehidupan hewan di Curug Cimahi menjadi salah satu keunikan yang dimiliki. Monyet di tempat ini berkeliaran. Tanpa ada sekat untuk menyentuhnya, pengunjung bisa memberikan sedikit makanan kepada mereka. Kicauan burung juga mengiringi pengunjung berdatangan ke tempat wisata ini.

4. Konsep Air Terjun Yang Menarik

Awalnya tempat ini dibangun pada tahun 1992. Sempat berhenti pada tahun 2010 – 2014, curug ini dibuka kembali dengan mengadopsi konsep air terjun di Amerika. Konsep yang dimaksud adalah konsep lampu warna – warni yang menyoroti curug ini.

5. Adanya Layanan Yang Baik

Di tempat ini, layanan yang diberikan cukup baik. Dengan adanya pusat informasi dan peta tempat ini, pengunjung akan terasa mudah mengetahui secara detail sensasi yang bisa dirasakan di tempat ini.

Di samping hal-hal yang sudah diulas di atas, ada hal menarik dari curug ini yaitu berkaitan dengan nama lainnya. Banyak orang yang menyebut curug ini dengan air terjun pelangi jika di malam hari. Hal tersebut dikarenakan banyak lampu hias yang dinyalakan di belakang curug.

Usahakan berkunjung ketika hari cerah sehingga sensasi di air terjun tidak berkurang. Merasakan sensasi tempat ini juga bisa ditambah dengan tempat wisata lainnya. Tempatnya yang strategis untuk mencapai tempat wisata menjadi pilihan yang tepat bagi pengunjung luar kota sekalipun.