fbpx
Khoo Kongsi Objek Wisata di Penang Malaysia

Khoo Kongsi Objek Wisata di Penang Malaysia

Khoo Kongsi Objek Wisata di Penang Malaysia. Leong San Tong adalah bangunan yang menjadi pusat kegiatan Khoo Kongsi di Pulau Pinang. Tempat ini banyak direkomendasikan untuk mengunjungi Khoo Kongsi karena keajegan sejarah dan keunikan bangunannya.

Bangunan cantik ini berada di sebelah barat George Town. Tepatnya berada di Lebuh Raya Cannon. Lokasinya memang agak tersembunyi di tengah-tengahnya kepadatan penduduk sekitar.

Khoo Kongsi sendiri adalah marga yang merupakan salah satu dari The Five Big Clans. Bersamaan dengan Cheah, Lim, Yeoh, serta Tan Kongsi. Kesemua marga tersebut menjadi tulang punggung komunitas Hokkian yang banyak menetap di Penang, Malaysia.

Cukup rumit jika harus menerangkan tentang usuran marga Khoo ini. Sebab Khoo Kongsi dan sub marganya tidak mewakili seluruh warga keturunan Tionghoa dan bermarga di Khoo. Hanya mereka dengan nenek moyang di desa Sin Aun, Distrik Sam Toh, Hai Teng, prefektur Chiang Chew dan provinsi Hakkian di Tiongkok saja yang dianggapnya sebagai keturunan.

Pada abad ke 17, Marga Khoo yang dimaksud ataas merupakan salah satu marga pedagangan yang sukses di Selat Malaka dan Pulau Penang. Bahkan sampai sekarang, marga Khoo ini tetap menyumbangkan prestasi yang cemerlang.

Bukan hanya Leong San Tong yang dapat anda nikmati keagungan bangunannya. Tapi terdapat juga ruangan meeting dan kantor. Serta sebuah panggungn opera lengkap dengan 62 unit berteras serta keberadaan toko-toko kecil.

>> Baca juga : Mengenal Malaysia di Kuala Lumpur City Gallery

Untuk menuju ke tempat ini anda dapat melalui Amenian Street yang memiliki pintu dengan plakat berwarna merah. Dengan bertuliskan aksara China. Selain itu, untuk tiba di kompleks ini juga dapat melalui Beach Street. Sedangkan arsitekturnya banyak yang memandangnya sebagai sebuah karya yang mengagumkan.

Bangunan  di Khoo Kongsi ini tidak hanya menampilkan nilai aristitektural Fujian Selatan saja tapi jua kemampuannya dalam memadukan dengan gaya arsitektural lokal. Setiap sisi bangunan memiliki integrasi antara Feng Shui dengan kebudayaan setempat.

Semua arsitektur tersebut dihiasi dengan nuansa etnik yang begitu kental. Semua elemen-elemen yang ada disini diambil dari legenda-legenda negara China. Misalnya relief tentang Kylin, Harimau barat, Naga Laut Timur dan patung yang menggambarkan Laughing Monk dan Crying Monk.

Muralnya pun dimanjakan dengan kisah The Eight Immortal, The Nine Old Men yang memegang gulungan bergambarkan The Twin Fish Chart. Serta The Door Gods. Makanya jika tak akan menyesal jika berkunjung ke Khoo Kongsi. Jika tertarik untuk berkunjung ke tempat ini. Maka dapat mengunjungi alamat di 18 Cannon Square, 10200 Penang, Malaysia.

>> Promo wisata : Promo Paket Wisata Malaysia