fbpx
Masjid Negara Kebanggan Malaysia yang Telah Populer

Masjid Negara Kebanggan Malaysia yang Telah Populer

Masjid Negara Kebanggan Malaysia yang Telah PopulerBerkat ide cemerlang dari tiga arsitek handal yakni Howard Ashley, Hismam Albakri serta Baharudin Kassim. Masjid Negara ini berdiri megah dan menawan di Malaysia. Masjid ini menggunakan konsep modern tradisional.

Masjid Negara telah diresmikan pada tanggal 27 Agustus 1965. Masjid yang selalu memancarkan keindahan arsitekturnya ini memiliki unsur modern yang kuat bersantu dengan budaya tradisiional islam di Malaysia.

Gaya modern Masjid Negara didapatkan dari penutup atau atap masjid dengan 18 sudut. Bagian atap atau kubah utama masjid ini di desain menyerupai bintang dan melambangkan 13 Negara bagian yang ada di Malaysia. Serta melambangkan 5 Rukun Islam.

Untuk memberikan kesan padat maka atap dengan desain bintang dikelilingi kubah kecil sebanyak 48 buah kubah. Disempurnakan dengan warna yang senada. Sisi dalam kubah payung juga dihiasi dengan ukiran kaligrafi Al Quran. Sedangkan pada bagian puncak bangunan menaranya dibuat bentuk payung yang sedang tertutup.

Atap utama dari masjid ini berstrukturkan beton tanpa berfungsi ruang lebih luas. Jika dilihat dari udara, atap Masjid Negara berwarna biru dan nampak seperti payung separuh terbuka. Hal ini melambangkan aspirasi negara Malaysia yang independen.

>> Baca juga : Keunggulan Wisata Malaysia dengan Budget Pas pasan

Konsep bangunan Masjid Negara ini selesai dalam waktu pembangunan selama 3 tahun. Dan nampak indah pada tahun 1965. Masjid ini mirip dengan rumah panggung Melayu dan berdiri kokoh ditas tonggak beton. Ruangan solat di Masjid Negara ini sangat luas. Masid Negara ini dapat menampung jemaah hingga 15 ribu orang.

Beton memang menjadi bagian utama dari Masjid Negara. Dengan sentuhan variasi berupa lubang dengan desain merah. Seingga bukan hanya berfungsi sebagai sirkuliasi udara. Konsep seperti ini konon merupakan karakter arsitektur tropis modern khas lokal.

Masjid Negara berdiri megah diatas lahan seluas 13 hektar. Masjid Negara ini berada di daerah Kuala Lumpur dengan dikelilingi taman, kolam hingga air mancur. Yang membuat saiapa saja merasa nyaman dan betah lama-lama beribadah dan wisata religi disini. Masjid Negara berada di Jalan Perdana, 50480, Kuala Lumpur, Malaysia.

Tidak jauh dari lokasi Masjid Negara terdapat Taman Makam Pahlawan Nasional Malaysia. Tempat tersebut merupakan tempat dimakamannya beberapa politisi di Malaysia. Seperti Tun Abdul Razak, Tun Hussain Onn dan masih banyak lagi. Muslim Makan Pahlawan ini dibangun dengan atap yang berbentuk 7 bintang. 7 bintang tersebut dapat dilihat dari atas udara.

>> Kunjungi juga : Promo Paket Tour Malaysia Murah

Masjid Negara Kebanggan Malaysia yang Telah Populer
Silahkan tambahkan Bintang untuk artikel ini