Mengenal Wisata Budaya di Bandung

Mengenal Wisata Budaya di Bandung

Mengenal Wisata Budaya di Bandung. Bicara mengenai Bandung memang tidak akan berhenti akan wisata yang selalu memanjakan mata. Selain wisata alam yang sangat indah, Bandung juga mempunyai banyak wisata sejarah maupun budaya yang tidak banyak orang ketahui.

Kentalnya budaya Sunda yang melekat pada Ibu Kota Jawa Barat ini membuat banyak orang ingin ikut serta dalam keterlibatan budayanya.

Bahkan kini banyak orang – orang yang sengaja datang ke pusat budaya di Bandung untuk mengetahui secara langsung jejak sejarah yang pernah tersirat disana. Destinasi wisata akan budaya pun kini semakin meluas dan membentang ke seluruh penjuru Bandung.

Kecintaan Bandung terhadap budaya nya pun terlihat dalam setiap sudut Kotanya dan menjadi ciri khas pada setiap tugu yang ada di setiap perempatan jalannya. Ditambah lagi dengan banyaknya monumen monumen atau tugu tugu yang berdiri untuk mengenang sejarah Kota Bandung.

Kecintaan Bandung terhadap Kotanya pun ditunjukan dengan banyaknya tempat tempat wisata budaya. Seperti apakah tempatnya, yuk kita Mengenal Wisata Budaya di Bandung :

Mengenal Wisata Budaya di Bandung
  • Taman Budaya Dago

Taman Budaya Dago atau yang lebih dikenal dengan nama kerennya Dago Tea House ini dulunya adalah sebuah taman atau tempat yang dijadikan tempat untuk bersantai dan menikmati the oleh para petinggi pemerintahan Belanda di Bandung. Namun dengan berkembangnya zaman, dan terlepasnya Indoneisa dari jajahan Belanda membuat tempat ini kian sepi.

Tetapi dengan adanya reinkarnasi atau pembaharuan, tempat ini dijadikan sebagai Gedung Pusat Kebudayaan Sunda yang didalamnya terdapat area pertunjukan atau theater. Sehingga wisatawan yang datang kesini bisa melihat pertunjukan dan teater khas sunda.

>> Pilih paket wisata ini : Paket Tour Bandung Murah

Mengenal Wisata Budaya di Bandung
  • Saung Angklung Udjo

Mengenal Wisata Budaya di Bandung. Saung Angklung udjo ini berdiri sejak awal tahun 50-an dan menjadi sebuah paguyuban tradisi sunda yang diturunkan pada generasi selanjutnya. Namun baru diresmikan pada tahun 1960 dengan peluncuran perdana pertunjukan angklung yang mendapatkan respon baik.

Paguyuban angklung ini didirikan oleh sepasang suami istri Bapak Udjo Ngalagena dan Ibu Uum Sumiati. Tujuan didirikan tempat ini antara lain adalah untuk melestarikan budaya sunda. Bahkan seringkali pada suatu kesempatan Saung Angklung Udjo ini selalu tampil diacara acara Negara maupun kunjungan ke luar negri.

  • Kampung Adat Mahmud

Kampung Adat Mahmud adalah suatu kampung adat yang berada di wilayah Bandung tepatnya di Desa Mekar Rahayu, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung. Kampung ini menjadi salah satu bukti nyata akan penyebaran agama islam di Kota Bandung dan sekitarnya.

Mengenal Wisata Budaya di Bandung
  • Padepokan Seni Mayang Sunda

Tempat ini adalah sebuah padepokan kesenian budaya sunda yang berada di Jalan Peta, Kota Bandung. Gedung yang dipakai oleh Padepokan Seni Mayang Sunda ini milik Pemerintah daerah Kota Bandung yang masih difungsikan dengan baik. Disini pula sering digelar acara seni kontemporer yang menjadi daya tarik wisata budaya di Bandung.

>> Pilih juga : Harga Paket Outbound Bandung

Mengenal Wisata Budaya di Bandung
  • Kampung Adat Cireundeu

Mengenal Wisata Budaya di Bandung. Kampung adata Cireundeu merupakan salah satu Kampung adat setelah Kampung Adat Mahmud yang masih dilestarikan sampai sekarang. Kampung Adat Cireundeu ini berada di Kelurahan Leuwi Gajah, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat. Tak hanay kampungnya yang kental akan budaya, kawasan ini juga mempunyai keindahan alam yang masih segar dan asri.

Tapi jika anda ingin berkunjung ke Kambpung Adat Cireundeu ini, anda harus berhati – hati karena terdapat sebuah hutan terlarang yang tidak boleh dimasuki oleh siapapun sekalipun oleh ketua adatnya.

  • Gedung Kesenian Rumanteng Siang

Gedung Kesenian ini berada di Jalan Baranang Siang, Kota Bandung yang menjadi salah satu gedung yang sering dijadikan sebagai lokasi kegiatan seni. Gedung Kesenian Rumanteng Siang ini dahulunya adalah sebuah bioskop, namun setelah keadaannya tidak memungkinkan akhirnya gedung ini menjadi gedung kesenian yang resmi berdiri sejak tahun 1975 lalu.

>> Klik : Paket Tour Bandung 2 Hari 1 Malam

  • Kampung Adat Cikondang

Sama sseperti Kampung Adat lainnya yang berada di Bandung, Kampung Adat Cikondang juga masih sangat melestarikan warisan budaya leluhurnya. Kampung adat ini berada di Desa Lamajang, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung.

  • Goa Belanda dan Jepang

Goa Belanda dan Jepang yang berada di kawasan Dago Pakar yang menembus ke daerah Lembang ini adalah suatu Goa yang dibangun oleh para tentara penjajah Indoneisa sebagai jalan pintas patroli pada waktu itu. Selain jalan pintas, Goa ini juga merupakan terowongan PLTA dengan panjang kurang lebih 15 lorong.

Segala macam aktivitas para tenjara Belanda dilakukan disini bahkan untuk tidur. Hal yang menjadikan tempat ini dikenal mistis terdapat pada sebuah lorong yang dijadikan tempat intograsi para tahanan yang di penjara seumur hidup.

Bahkan masyarakat sekitar Goa ini katanya sering mendengar suara jeritan dan tangisan. Konon katanya jika anda sedang berada di dalam Goa dan menyebutkan kata ‘Lada’ atau yang dalam bahasa Indonesia ‘Pedas’, anda akan menemukan berbagai hal aneh dan suara hentakan kuda kuda yang sedang ingin berperang.

  • Yayasan Pusat Kebudayaan Bandung

Mengenal Wisata Budaya di Bandung. Yayasan Pusat Kebudayaan Bandung ini berada di Jalan Naripan NO.9, Kota Bandung. Menurut masyarakat sekitar, gedung ini adalah tempat kediaman orang orang Belanda yaitu Villa Evengeline.

Namun pada tahun 1904 tempat ini dijadikan sebagai kantor NV Javannsche Boekhandel in Schrijfbehoeften. Pada tahun 1950 – 1980 tempat ini dijadikan tempat berkarya dan mengembangkan bakat oleh para budayawan yang hingga saat ini ditetapkan sebagai Pusat Kebudayaan di Bandung.

Mengenal Wisata Budaya di Bandung
Silahkan tambahkan Bintang untuk artikel ini