Orchid Forest Cikole Lembang

Destinasi Wisata Orchid Forest Cikole Lembang

Orchid forest cikole lembang merupakan taman anggrek terluas di indonesia yang baru dibuka sekitar agustus tahun 2017. Tempat wisata ini berada di tengah kawasan hutan lindung dan terbentang seluas 12 hektar. Disini juga terdapat 157 jenis bunga anggrek beraneka macam yang dikembangkan.

Harga Tiket Masuk Orchid Forest Cikole Lembang

Untuk dapat masuk ke orchid forest lembang ini, wisatawan dikenakan biaya yang cukup murah. Harga tiket masuk orchid forest lembang di hari biasa, wisatawan akan dikenakan biaya sebesar Rp. 25.000. Sedangkan untuk peak season sampai hari libur, wisatawan akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 35.000.

Untuk jam operasional orchid forest lembang ini buka setiap hari mulai dari pagi sampai sore. Jam buka orchid forest lembang di hari biasa dari pukul 09.00 sampai 18.00 WIB. Sedangkan jam buka orchid forest lembang di akhir pekan, dari pukul 08.00 sampai 19.00 WIB.

Pada akhir pekan wisatawan dapat menikmati suasana orchid forest cikole malam hari dengan berbagai hiasan lampu. Selain itu, wisatawan dikenakan biaya parkir Rp. 3.000 untuk kendaraan motor dan Rp. 5.000 untuk kendaraan mobil. Wisatawan juga diwajibkan untuk membayar tiket terusan berkisar Rp. 15.000 untuk menikmati berbagai fasilitas tambahan.

Rute Menuju Orchid Forest Cikole Lembang

Orchid forest lembang berlokasi di alamat orchid forest cikola, Genteng, Cikole, West Bandung Regency, West Java, Indonesia. Kurang lebih 20 kilometer dari kota bandung untuk sampai ke orchid forest lembang.  Untuk dapat menjangkau tempat ini, wisatawan dapat menggunakan angkot ciroyom-lembang dan berhenti di jalan panorama.

Namun, dari titik ini tidak ada kendaraan umum yang bisa digunakan hingga mencapai tujuan. Wisatawan harus berjalan sekitar 3 km menuju jalan tangkuban perahu. Alternatif lainnya adalah menggunakan angkot St.hall – lembang, lalu turun diperempatan lembang, maribaya, tangkuban perahu.

Kemudian dilanjutkan dengan angkot jurusan lembang-cikole. Namun, wisatawan harus melanjutkannya dengan berjalan kaki atau membayar lebih kepada pengemudi angkot untuk diantarkan ke tempat tujuan.

Obyek Wisata Orchid Forest Cikole Lembang

Tempat wisata bandung yang satu ini menyediakan berbagai macam wahana, atraksi dan aktivitas yang dapat memanjakan wisatawan. Berikut adalah beberapa obyek wisata orchid forest lembang, diantaranya :

1. Sky Bridge

Obyek wisata yang terkenal di orchid forest lembang adalah sky bridge. Sky bridge merupakan jembatan yang bergoyang-goyang yang terbuat dari kayu dan tali tambang berwarna putih. Jembatan ini berukuran memanjang kurang lebih sepanjang 50 meter.

Ketika malam hari, lampu-lampu di tempat ini akan menyala secara otomatis karena telah dipasangi sensor cahaya. Untuk bisa menaiki sky bridge ini, wisatawan dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 15.000 per orangnya.

2. Kegiatan Outbond

Kegiatan outbond merupakan salah satu kegiatan yang  menarik dan wajib dicoba oleh wisatawan di ruang terbuka hijau dan sejuk. Ada banyak kegiatan outbond yang seru dan menguji keberanian wisatawan. Salah satunya, terdapat flying fox, airsoft gun, highrope, panahan, dan lain lain yang bisa menjadi pilihan untuk menguji keberanian wisatawan.

3. Spot Foto

Di tempat wisata ini terdapat beberapa spot foto yang harus diabadikan. Orchid forest lembang memiliki terdapat beberapa spot-spot foto menarik yang akan memanjakan mata wisatawan. Selain itu, disini terdapat panggung terbuka, rumah pohon dan rumah kelinci.

4. Camping Ground

Di orchid forest lembang terdapat sebuah penginapan. Bagi wisatawan yang ingin bermalam dan berkemah di alam terbuka, dapat berkemah di camping ground. Disini, wisatawan dapat merasakan serunya berkemah di alam terbuka.

Biaya yang dikeluarkan untuk penginapan camping ground adalah Rp. 450.000 untuk empat orang. Sedangkan Rp. 950.000 untuk sembilan orang per malamnya.  Biaya ini sudah termasuk biaya makan pagi, jagung bakar dan api unggun.

5. Menikmati Keelokan Tanaman Anggrek

Selain dapat menikmati keindahan bunga anggrek dan pohon pinus, wisatawan juga bisa membeli bunga anggrek yang disediakan. Disini, wisatawan juga dapat berkonsultasi tentang tanaman anggrek yang ada di rumah. Seperti berdiskusi tentang cara merawat bunga anggrek yang baik, sampai permasalahan bunga anggrek yang sakit atau tidak berkembang dengan benar.

Itulah beberapa ulasan tentang orchid forest cikole lembang. Selain terdapat fasilitas yang lengkap, disini juga terdapat spot-spot foto menarik dan kegiatan outbond yang dapat menguji keberanian wisatawan.