Rafting Seru di Batu Mekar Lingsar Lombok

Rafting Seru di Batu Mekar Lingsar Lombok

Rafting Seru di Batu Mekar Lingsar LombokJika anda ingin mencari tempat rafting yang seru di Lombok. Pilihannya ada d Desa Batu Mekar, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat. Spot arung jeram ini terletak sekitar 15 km dari pusat Kota Mataram, Kecamatan Lingsar.

Kecamatan Lingsar terdiri dari 10 desa. diantaranya Batu Kumbung, Batu Mekar, Desa Geria, Duman, Gegerung, Langko, Lingsar, Karang Bayan, Peteluan Indah dan Segerongan.

Desa-dess tersebut adalah wilayah yang kaya akan sumber mata air dan berada di bawah bukit rimbun serta lebat. Wisata rafting di Lombok tergolong tempat wisata baru. Selain rafting, d Desa Batu Mekar menawarkan pemandangan persawahan subur dan bukit nan hijau.

Sehingga menjadi suatu daya tarik tersendiri sebagai lokasi arung jeram. Aliran sungainya sangat deras dan diapit oleh bebatuan menjadi tantangan tersendiri.

Bagi anda yang sangat menyukai tantangan maka anda wajib mencoba tempat rafing di Lombok. Letak Desa Batu Mekar anda dapat mengambil jalan provinsi melalui pertigaan di depan Taman Narmada. Kemudiaan luruslah ke utara sampai menemukan pertigaan bertugu kecil. Anda nanti akan memasuki jalan Karang Bayan.

>> Baca juga : Destinasi Wisata Terpencil di Pantai Mekaki Lombok

Lanjutkan perjalanan sampai menemukan gerbang selamat datang di Desa Batu Mekar. Anda tinggal mengikuti jalanan yang semakin sempit sampai menemukan aliran sungai Jangkuk. Tidak terlalu jauh dari sungai tersebut anda akan melihat basecamp rafting.

Basecamp rafting tersebut berada di lokasi finish dari rute arung jeram yang akan dilalui. Hanya membutuhkan waktu menuju start arung jeram yang ada di hulu sungai. Muara sungai tersebut adalah Pantai Ampenen.

Suasana di sekitar lokasi rafting sungai ini sangat asri dan sejuk. Selain menghirup udara sejuk kita jug dapat menikmati indahnya bukit yang berjejer hijau.

Panjang liran sungai jungkuk ini sekitar 6 km dengan kedalaman antara 1 – 1,5 meter. Dapat dapat kita tempuh selama 2 jam rafing. Bahkan dapat 1,5 jam saja jika debit air sungai sedang besar. Terutama saat musim hujan melanda.

Jika memilih rafting di Batu Mekar Lingsar ini anda akan melalui tiga tantangan. Tantangan pertama ada pada 1/3 perjalanan dengan tukikan 180 derajat.

Tantangan kedua adalah welcome challenge yang akan membuat anda kaget. Karena merupakan permulaan yang menegangkan.

Sedangkan tantangan ketiga adalah tantangan yang paling menyeramkan. Jalur sungai yang menurun terjal 100 meter ini terdengar riuk air yang deras. Jangan lupa untuk kayu perahu karat agar berjalan baik sesuai dengan jalurnya.

Lihat juga : 

Rafting Seru di Batu Mekar Lingsar Lombok
Silahkan tambahkan Bintang untuk artikel ini