fbpx

Rasakan Jadi Penduduk Desa Adat Gumantar Lombok

Rasakan Jadi Penduduk Desa Adat Gumantar LombokLombok selalu memiliki sejuta pesona yang mampu menarik perhatian wisatawan. Salah satunya dengan keberadaan Desa Adat Gumantar. Desa ini berada di wilayah Lombok Utara.

Desa Gumantar masih mempertahankan tradisi nenek moyang leluhurnya. Desa ini juga sering disebut sebagai satu-satunya desa tradisional yang tersisa di kabupaten ini.

Gumantar adalah salah satu desa dari delapan desa yang ada di daerah Kecamatan Kayangan, Lombok Utara. Sekarang desa ini memiliki banyak situs sejarah yang penuh dengan suasana adat istiadatnya yang begitu kental.

Situs-situs sejarahnya berupa peninggalan para wali penyebar agaman Islam yang ada di daerah sektiar desa. Penyebar agama islam tersebut salah satunya adalah Mak Beleq dan Kendi yang turun dari Gunung Rinjani.

Mayoritas penduduk Desa Gumantar ini memeluk agama Islam. Jadi suasana yang islam sangat kental terasa ketika anda memasuki desa ini. Menjadi bukti bahwa agama Islam memang telah berkembang sejak lama disini.

>> Baca juga : Keunikan Rumah Adat Suku Sasak di Desa Segenter 

Hal tersebut diperkuat dengan munculnya situs-situs peninggalan Islam yang masih kokoh berdiri. Peninggalan tersebut tak lain adalah masjid kuno. Desa Gumantar sendiri memiliki daya tarik kunjungan wisatawan dari berbagai penjuru.

Pastinya anda sedikit bertanya mengapa harus mengunjungi Desa Adat Gumantar kan ? alasannnya karena Desa Gumantar memiliki keunggulan yang unik. Meskipun keberadaan desa ini lokasinya tersembunyi dan jauh dari ketinggian tebing itu berbenturan langsung dengan batuan karang pada bagian bawahnya.

Menyerupai sebuah ombak laut yang sedang menerpa batu karang, hal tersebutlah yang menjadi salah satu daya tarik dan keunggulan Desa Gumantar. Air tersebut dinamakan seabgai Air Terjun Tiu Ngumbak.

Jadi dengan berkunjung ke Desa Adat Gumantar, selain dapat menambah wawasan kita juga akan mendapatkan kepuasan dan ketenangan. Untuk dapat mencapai ke Air Terjun Tiu Ngumbak anda harus melalui beberapa tantangan dahulu.

Pertama yang harus dilalui adalah perkampungan tradisional yang khas dan masih terjaga kelestariannya. Selama 1 atau 2 jam perjalanan. Mengingat jalanan yang harus dilalui adalah hutan, bebatuan dan pinggiran tebing. Maka harus lebih hati-hati agar dapat menikmati perjalanan yang seru.

Saat tiba di lokasi Air Terjun Tiu Ngumbak  kesejukan mulai anda rasakan beserta segarnya air yang jernih. Gemuruh air terjun pun membuat hati lebih tenang dan nyaman menyatu dengan indahnya alam Lombok. Siapa saja yang berkunjung ke air terjun in pasti akan merasakan ketenangan dan kepuasan tersendiri. Karena semua rasa lelah dan penat pikiran akan hilang seketika.

Rasakan Jadi Penduduk Desa Adat Gumantar Lombok
Silahkan tambahkan Bintang untuk artikel ini