Taman Babakan Siliwangi Bandung

5 Alasan Wajib Datang Ke Taman Babakan Siliwangi Bandung

Menjelajahi Kota Bandung, tentu tidak akan habis jika dilakukan satu hari saja. Pasalnya, di kota yang terkenal sejuk ini banyak sekali menyimpan tempat seru untuk nongkrong atau sekadar ambil foto. Salah satu tempat yang bisa wisatawan kunjungi untuk menghabiskan liburan atau waktu luang adalah Taman Babakan Siliwangi Bandung.

1. Tempat Rekreasi Murah

Bandung terkenal sebagai kota kembang dengan udara dan lingkungan yang masih asri. Walau di pinggiran kota sekali pun, masih tersimpan hutan kota yang indah. Taman ini merupakan salah satu kawasan hutan dengan pepohonan hijau yang masih lebat. Meskipun demikian, pemerintah kota Bandung mengelolanya dengan baik dan dijadikan tempat wisata menarik.

Masyarakat luas menamai Taman Babakan Siliwangi ini sebagai Taman Baksil. Pengelolaan yang dilakukan oleh Pemerintah berdampak baik bagi masyarakat. Salah satu contohnya adalah dengan membuat penataruangan yang unik, modern, serta punya nilai guna. Bahkan masyarakat pun menjadikan tempat ini sebagai sarana wisata atau rekreasi murah dan populer.

2. Menjadi Warisan Alam

Awalnya, lahan yang memiliki luas kisaran 3.8 hektar ini termasuk pada kawasan lembah yang terbentuk dari sungai Cikapundung. Pembentukannya sudah dimulai pada ribuan tahun lalu. Tak heran, masyarakat pun menganggap kawasan ini sebagai warisan alam yang masih tersisa.

Sejak zaman kolonialisme, daerah Babakan Siliwangi sudah terkenal sebagai sabuk hijau di Kota Bandung. Itulah mengapa, ketika ada pihak yang akan mengalihkannya untuk tujuan komersialisai, langsung ditolak mentah-mentah. Hingga saat ini, Taman Babakan Siliwangi masih tetap menjadi paru-paru kota Bandung yang asri.

3. Suasana Sejuk dan Nyaman

Jika ditinjau dari jalan raya, lokasi taman ini akan terlihat seperti hutan pada umumnya. Namun, ketika wisatawan sudah memasuki area, wisatawan akan dihadapkan pada uluran jembatan hijau yang cukup panjang dan unik. Di setiap pinggirnya berjejer pepohonan hijau lebat yang menambah keindahan dan kesejukan.

Di Taman Babakan Siliwangi Bandung ini, wisatawan bisa bersantai sambil menikmati udara yang sejuk. Sebagian masyarat ada yang sambil berkumpul atau bertamasya bersama keluarga dan anak-anaknya. Baik tua atau muda, tempat ini selalu dijadikan wisata favorit masyarakat. Apalagi setelah terus-terusan berpenatria dengan kerjaan juga tugas, me-refresh diri di sini, patut dijadikan pertimbangan.

4. Bebas Foto

Sambil bersantai menikmati udara yang sejuk, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan pemandangan yang cantik dan unik sebagai latar foto. Di tempat ini banyak sekali orang-orang yang sengaja datang hanya untuk mengoleksi foto untuk diunggah ke media sosial.

Di lain kesempatan, tak jarang ditemukan beberapa orang yang sengaja mengambil view taman Baksil untuk foto pre-wedding hingga syuting iklan. Pokoknya, tempat ini cocok sekali untuk mengambil jepretan dengan view natural secara bebas.

5. Ekspresikan Kebersamaan

Selain memiliki view yang unik dengan hamparan jembatan dan pepohonan yang bernuansa hijau, tersedia juga ruang berkumpul. Meskipun ruang kumpul ini ada di tengah ruang terbuka, namun tidak mengurangi kehangatan ketika berkumpul bersama orang tersayang. Ada beberapa space bangku tanam untuk duduk lengkap dengan meja.

Nantinya, space ini bisa wisatawan gunakan sebagai tempat istirahat sambil bercerita dan bersantai. Wisatawan bisa mengekspresikan kasih dan kebersamaan di tempat yang nyaman. Tak jarang juga banyak masyarakat yang bersantai sambil makan bersama. Apalagi tempatnya gratis dan tidak berbayar.

Bagaimana, menarik bukan?  Nah, itulah mengapa jika wisatawan berkunjung ke Bandung, wajib sekali datang ke Taman Baksil. Sudahkah Anda mengunjungi Taman Babakan Siliwangi Bandung yang hijau dan hits ini?