fbpx
Taman Wisata Alam Gunung Tunak di Lombok

Taman Wisata Alam Gunung Tunak di Lombok

Taman Wisata Alam Gunung Tunak di Lombok. Sejarah Taman Wisata Alam Gunung Tunak, Taman Wisata Alam Gunung Tunak telah ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Mentri Kehutanan No. 425/Kpts-II/1996 pada tangggal 9 Agustus 1996 dengan lahan seluas 312 hektar. Menurut administrasi pemerintahan RWA Gunung Tunang termasuk dalam wilayah Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Propinsi Nusa Tenggara Barat. Secara atronomis Taman Wisata Alam Gunung Tunak ini berada pada garis 8˚53’30” – 8 ˚57’30” S dan 116 ˚22’00” – 116 ˚22’00” BT.

Wisata Taman Wisata Alam Gunung Tunak

Taman Wisata Alam Gunung Tunak di Lombok. Keadaan topografi di TWA Gunung Tunak berada pada ketinggian 1 – 105 mdpl. Kondisi bentang alam juga bervariasi mulai dari datar, berbukit, bergelombang, berlembah serta hutan sampai bergunung. Formasi geologi di tempat ini terdiri dari batu kapur atau batu karang yang mengandung kapur. Jenis tanah disini regonsol dengan bentuk wilayah mediteran dan vulkan.

Taman Wisata Alam Gunung Tunak adalah hutan yang berada pada ketinggian dan sebagaian besar hutan tersebut merupakan hutan sekunder yang secara perlahan pulih dan berfungsi sebagaimana umumnya. Di dalam kawasan hutan Gunung Tunak ini dapat ditemukan  sarang burung langka.

Jenis burung langka tersebut seperti burung gosong, burung yang dilindingi undang-undang dan menjadi buruan para wisatawan internasionl untuk mendapatkan fotonya. Jika anda beruntung anda akan menjumpai rusa-rusa timor yang menyelisip diantara semak berlukar.

Taman Wisata Alam Gunung Tunak di Lombok

Alam di wisata TWA Gunung Tunak ini akan menyajikan sisi lain panorma pantai selatan Lombok dengan adanya dinding kapur, hamparan rumput, hutan pantai, hutan dataran rendak hingga pantai berpasir. Pemandangan unik ini sudah terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan.

>> Lihat paket wisata ini : Paket Wisata Lombok 3 Hari 2 Malam

Taman Wisata Alam Gunung Tunak di Lombok. Anda dapat menikmati pesona pantai dengan cara unik yang tidak biasa. Bagaimana demikian ? anda dapat sambil tiduran ditas pasir yang hijau dan memanjakan mata langsung ke arah lautan lepas nan biru. Suara deburan ombak dan indahnya alam sekitar mampu meregangkan syaraf-syaraf anda yang tegang.

Jika keadaan cuaca disini sedang panas anda dapat langsung berenang dilaut biru bawah sana. Namun baru semeter dari tubir dinding kapur mungkin jantung anda akan berdebar kencang. Di ujung tanung selatan Pulau Lombok ini tersuguhkan pesona alam karang kapur, birunya laut, sertaa hamparan rumput yang hijau.

Lekuk-lekuk teluk dibentuk oleh tebing-tebing curam yang disela oleh pantai berpasir menjadi pemandangan yang sangat di rindukan. Namun saat berada di kawasan TWA Gunung Tunak ini anda tidak akan menemukan para pedagang. Maka dari itu sebaiknya bawalah bekal makanan dari rumah secukupnya serta kondisi tangki kendaraan anda penuh.

Taman Wisata Alam Gunung Tunak di Lombok. Setelah menyusuri hutan musin di Gunung Tunak menuju pantai tersembunyi yang relatifnya belum terjamah. Di pantai ini anda juga akan menemukan butiran-butiran pasir putih yang luas dan terhempas deburan ombak. Pada kaki bukit yang terbentang datar anda dapat menikmati kesunyian berasa alam ditemani dengan deburan ombak dan pesona pantai yang memanjakan mata.

>> Pilih paket ini : Paket Tour Bali Murah

Bahkan untuk berlama-lama anda juga dapat mendirikan tenda bersama teman atau keluarga. Kegiatan wisata yang dapat anda lakukan disini seperti berenang,berfoto ria, jungle  tracking dan lain-lain.

Keunggulan Wisata Taman Wisata Alam Gunung Tunak

Taman Wisata Alam Gunung Tunak di Lombok

 

  • Daya tarik Pantai Bilasayak

Ketika mengambil foto dari atas tebing TWA Gunung Tunak rasanya tak mau berhenti. Anda dapat menikmati keindahan pantai yang unik. Tak hanya keindahan yang menjadi daya tarik namun akses jalannya juga sangat mendukung dan mobil dapat sampai ke pantai.

  • Mirip dengan 12 apostles

TWA Gunung Tunak yang berada di Desa Mertak, Kecamatan Pujut adalah kawasan yang alami dan sepi pengunjung jadi anda akan merasa dunia milik sendiri.

Taman Wisata Alam Gunung Tunak di Lombok
  • Mercusuar yang jadi buruan

Taman Wisata Alam Gunung Tunak di Lombok. Mercusuar setinggi 20 meter ini meski terlihat kurang bagus namun tetap kokoh berdiri. Banyak wisatawan yang berburu untuk menaiki mercusuar hingga ke puncak. Mercusuar ini akan mengajak anda untuk menikmati pemandangan dari ketinggian. Dari atas mercusuar ini maka anda dapat mengambil foto yang sangat bagus dan keren pastinya. Bayangkan saja lautan nan indah serta batuan kapur yang unik dapat anda lihat jelas dari mercusuar ini.

>> Promo Wisata : Paket Wisata Bandung 2 Hari 1 Malam Promo

Fasilitas di Taman Wisata Alam Gunung Tunak

Di kawasan taman wisata alam ini tidak terdapat warung ataupun kamar mandi. Dan untuk toilet hanya ada di gerbang masuk Pnatai Bilayasak. Penginapan terdekat juga ada di Pantai Bumbangku dengan berupa cottae. Pantai Bumbangku adalah pantai yang berada di teluk di bawah kaki Gunung Tunak.

Cara Menuju Taman Wisata Alam Gunung Tunak

Untuk dapat sampai di TWA Gunung Tunak anda dapat menempuh perjalanan dari Mataram, Praya, Sengkol, Kuta, Desa Mertak dan menuju Tunak. Perjalanan ini kemungkinan akan menghabiskan waktu selama 2,5 jam saja.