Tebing Keraton Bandung

Pesona Yang Dimiliki Objek Wisata Tebing Keraton Bandung

Kota Bandung merupakan salah satu kota yang terkenal dengan pesona keindahan alam perbukitan atau pesona keindahan alam dari ketinggian. Salah satu destinasi wisata di kota ini adalah Tebing Keraton Bandung. Tempat wisata yang terbilang cukup baru dengan ketinggian sekitar 1200 mdpl.

Lokasi Dan Rute Menuju Tebing Keraton Bandung

Tebing Keraton ini beralamat di Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Bandung, Jawa Barat tepatnya berada di sekitar kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda.

Rute menuju Tebing Keraton Bandung dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua. Yaitu menuju ke Terminal Dago, kemudian lurus ke arah Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Setelah masuk ke gerbang Taman Hutan Raya, alu ikuti arah menuju rumah-rumah dan perkampungan sampai di Warung Bandrek (Warban). Setelah itu menuju tanjakan dan jalan sampai ke pos paling atas kemudian trekking jalan kaki sekitar 5 menitan untuk sampai ke atas tebing.

Pesona Objek Wisata Tebing Keraton Bandung

Ketika datang ke tebing keraton ini para wisatawan akan dimanjakan oleh pesona keindahan alam yang tidak ada duanya. Berikut ini adalah beberapa pesona keindahan yang bisa di nikmati dari atas tebing Keraton Bandung:

1. Menyuguhkan Sunrise Yang Cantik Di Pagi Hari

Untuk menikmati keindahan sunrise dari atas tebing ini pengunjung harus rela datang pagi-pagi sebelum pukul 05.30 WIB. Ketika matahari mulai memancarkan sinarnya di ufuk timur dari belakang Gunung Guntur yang sangat menawan. Terlebih saat kabut putih masih menyelimuti hamparan hutan, pemandangan terlihat bagai negeri di atas awan.

Saat cuaca cerah para wisatawan akan melihat pancaran cahaya matahari menembus di sela-sela kabut yang menyelimuti hutan disekitar tebing. Ini menghasilkan fenomena alam yang benar-benar cantik.

2. Pesona Keindahan Sunset Di Sore Hari

Karena letaknya yang berada di atas ketinggian bukan hanya sunrise yang bisa dilihat dari Tebing Keraton Bandung ini. Pemandangan alam saat matahari tenggelam atau sering di sebut dengan sunset juga bisa dinikmati dari atas tebing tanpa penghalang gedung atau pepohonan. Pemandangan langit yang berwarna orange kemerah-merahan yang berpadu dengan hutan lebat terlihat sangat eksotik.

3. Tempat Menikmati Indahnya Kabut Melayang-Layang Di Udara

Salah satu fenomena alam yang sangat keren yang dicari oleh para pengunjung Tebing Keraton adalah kabut putih yang terlihat melayang-layang diatas hutan. Ini sangat cocok disaksikan ketika pagi hari saat kabut masih tebal dan terkena cahaya matahari pagi.

4. Panorama Hutan Dari Ketinggian

Daya tarik utama yang sangat spektakuler  dari Tebing Keraton adalah pemandangan hamparan hutan dan perbukitan hijau dengan diselimuti kabut. Dari ketinggian pemandangan keren ini sering di jadikan spot foto yang sangat instagramable. Dari tebing ini juga terlihat deretan pohon penyusun Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda yang menjulang tinggi seperti hamparan permadani hijau.

5. Memiliki Medan Yang Asik Buat Trekking Jalan Kaki Dan Bersepeda

Tebing Keraton Bandung yang letaknya berada di kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda memiliki udara yang sejuk dan menyegarkan. Hal ini dikarenakan banyaknya pepohonan hijau pensuplai oksigen dan merupakan tempat yang jauh dari polusi udara.Suasana seperti itu didukung dengan jalanan yang tidak terlalu terjal sangat cocok untuk dijadikan trek jalan kaki atau pun bersepeda. Sembari menikmati keindahan alam kota Bandung dari ketinggian.

Diatas adalah gambaran beberapa keindahan yang bisa dinikmati dari ketinggian Tebing Keraton Bandung. Untuk berkunjung ke tebing ini wisatawan dikenakan biaya tiket masuk sebesar 11.000 rupiah untuk wisatawan lokal dan 76.000 rupiah untuk wisatawan mancanegara. Tarif parkir kendaraan bermotor 5000 rupiah dan mobil 10.000 rupiah. Selain biaya masuk