Tempat Wisata Di Ciwidey

5 Tempat Wisata Di Ciwidey Yang Patut Di Coba

Ciwidey merupakan nama desa dan nama kecamatan yang terletak sekitar 50 Km di selatan Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Desa ini mempunyai struktur tanah pada dataran rendah maupun tinggi dan cenderung bersuhu udara cukup sejuk. Meskipun udara dingin, tempat wisata di Ciwidey kaya akan keindahan alam yang cantik, membuat wisatawan ramai berkunjung.

Berbagai macam objek wisata membuat pelancong kagum akan pesona keindahannya.  Mulai dari spot yang romantis, kawah berwarna putih, pemandian air panas bahkan dapat memberi langsung makanan kelinci. Berikut 5 tempat wisata di Ciwidey yang patut dicoba :

1. Barusen Hills

Satu dari tempat wisata di Ciwidey yang patut dikunjungi yaitu Barusen Hills. Tempat ini terkenal dengan keromantisannya karena banyak spot berbentuk love di mana-mana. Hampir semua objek berbentuk hati seperti jembatan dari bambu menyerupai hati, bahkan bunga-bunga yang terdapat di taman pun di desain berbentuk simbol cinta tersebut.

Tempat wisata ini sangat cocok dikunjungi bagi sepasang kekasih, kawula muda serta keluarga. Untuk mengunjungi tempat yang romantis ini tidak perlu merogohkan uang yang banyak. Harga tiket masuknya tergolong sangat murah yaitu sebesar Rp. 20.000,- pada haru Senin-Jumat, dan sebesar Rp. 25.000,- untuk hari libur.

2. Bukit Jamur

Wisata Bukit Kamur terletak di Desa Rancabolang Kota Bandung. Disini pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang terbentuk sangat unik dan menarik.Uniknya, bukit ini mempunyai puncak menyerupai setengah lingkaran dan di atasnya ada banyak pepohonan cemara kecil seperti jamur kancing. Oleh karena itulah objek wisata ini dikenal dengan nama Bukit Jamur.

Apabila pengunjung ingin berkunjung ke Bukit Jamur yang unik ini, tidak dikenakan tarif untuk masuk ke tempat ini alias gratis. Wisatawan hanya akan dikenakan biaya parkir kendaraan saja.

3. Kawah Putih

Selain Bukit Jamur yang terbentuk karena alam, objek wisata kawah putih juga tercipta karena alam.  Ditemukan oleh seorang ahli yang  bernama Dr. Franz Wilhelm pada tahun 1837. Kawah putih ini merupakan danau yang tercipta dari letusan Gunung Patuha. Uniknya, kawah ini bisa berubah warna dengan air dominan bewarna putih.

Oleh karena keindahan kawah putih di Ciwidey ini sering kali dijadikan lokasi syuting film, foto pra wedding bahkan video klip. Wisata ini dibuka pada pukul 7 pagi hingga 5 sore. Harga tiket masuk yang dikenakan dengan tarif sebesar Rp. 18.000,-

4. Kawah Rengganis

Selain kawah putih, di Ciwiday juga memiliki kawah dengan panorama pepohonan yang diselimuti oleh kabut tebal seperti dalam film. Kawah ini bernama Rengganis yang terletak di Rancabali.  Pemandian air panas menjadikan salah satu keunggulan dari tempat wisata di Ciwiday ini.

Dengan udara yang sejuk, pengunjung dapat relaksasi diri  sambil menenangkan pikiran di pemandian air hangat. Uniknya meskipun objek wisata ini adalah sebuah kawah namun disini tidak ada bau belerang yang sangat menyengat. Hanya dengan harga tiket sebesar Rp. 5.000,- saja pengunjung sudah dapat menikmati pemandian air panas ini.

5. Rabbit Park

Bagi pecinta hewan khususnya kelinci pasti sangat senang jika berkunjung kesini. Rabit Park merupakan salah satu taman kelinci yang berlokasi di Rancabali. Di sini memiliki kelinci lebih dari 100 ekor yang bisa diajak bermain. Lokasi sekitar taman sengaja ditata sedemikian rupa  seperti habitat aslinya.

Di objek wisata ini, pengunjung dapat langsung memberi makan kelinci. Tiket masuk untuk memasuki Rabbit Park ini, pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp. 15.000,-. Biaya itu sudah termasuk 2 buah wortel dengan ukuran jumbo untuk memberi makan kelinci

Itulah 5 tempat wisata di Ciwidey yang patut dicoba. Keindahan alam yang terbentuk dari alam, pemandian air panas tanpa berbau belerang yang menyengat, bahkan terdapat taman wisata hewan. Diiringi dengan udara yang cukup dingin, liburan menjadi sangat menyenangkan.