Uniknya Rumah Ada Suku Sasak Desa Segenter di Lombok

Uniknya Rumah Ada Suku Sasak Desa Segenter di Lombok

Uniknya Rumah Ada Suku Sasak Desa Segenter di LombokPula Lombok bukan memiliki keindahan alamya saja yang cantik. Tapi juga disempurnakan dengan perpaduan antara budaya tradisional dengan budaya dari Bali dan Jawa.

Sehingga menjadikan budaya mereka semakin unik dan memiliki nilai tambah. Terlebih kebudayaan di Lombok yang juga masih tetap terjaga dan bahkan kini menjadi tujuan wisata budaya d Indonesia yang wajib dikunjungi.

Semua itu tidak lepa dari peran Suku Sasat yang luar biasa. Suku Sasak adalah suku asli Lombok yang sebagian dari mereka masih mempertahankan kehidupan tradisional. Penduduk suku asli Lombok ini sangat jauh dari kata modern.

Terdapat beberapa desa tradisional yang asih bertahan dengan kebudayaan tradisionalnya. Salah satunya desa tersebut adalah Desa Segenter. Desa Adat Segenter ini berada di daerah Desa Sukadana, Kecamatan Bayan, Lombok Utara.

Desa Segenter menjadi salah satu tujuan desa wisata dari dua desa khas Sasak yang ada di Lombok. Desa Segenter ini sekarang diklaim sebagai desa adat Sasak tertua yang ada di Lombok. Lokasinya yang berada di bawah kaki Gunung Rinjani menjadi salah satu keunggulan tersendiri. Dengan adanya pemandangan alam indah sekitar kawasan gunung.

>> Baca juga : Berwisata di Taman Miring yang Ada di Lombok

Desa Segenter hanya berjarak 90 km dari Kota Mataram, sehingga dapat menghabiskan waktu tempuh selama 2,5 jam perjalanan. Rute yang dapat dilalui yaitu Mataram – Senggigi – Segenter. Tak perlu khawatir saat mencari alamat karena telah disediakan penunjuk arah yang dapat anda temui dalam jarak 8,7 ke lokasi.

Desa Segenter adalah tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi. Karena terdapat bangunan tradisional khas Suku Sasak yang unik. Rumah-rumah penduduk disini terbuat dari bahan alam sederhana dengan susunan yang rapi.

Dinding-dinding warga Desa Segenter ini terbuat dari bambu dengan beratapkan jerami. Sedangkan untuk bagian lantai berupa tanah liat dengan jejeran batu mengelilingi pagar. Meskipun nampak sangat sederhana namun rumahnya terawat dan nyaman.

Rumah Suku Sasak ini memiliki bentuk persegi yang berukuran 6 x 7 meter dengan atap yang menyerupai limas. Rumah ini juga seperti rumah lain pada umumnya yang terdiri dari ruangan penting.

Seperti adanya dapur sering disebut dengan Amben Belek. Selain digunakan untuk tempat memasak juga dapat digunakan sebagai kamar tidur khusus pengantin baru.

Mereka biasanya akan tidur disini selama 3 hari setelah hari pernikahan. Karena pasangan yang istimewa maka bangunannya juga istimewa berlantaikan kayu yang agak tinggi. Ketika tidak ada pengantin maka ruangan tersebut difungsikan sebagai dapur kembali. Dan tempat menyimpan hasil pertanian mereka yang tidak memiliki lumbung. Keberadaan perkampungan Desa Segenter ini masih terjaga sampai sekarang.

>> Lihat juga : Paket Wisata Lombok 3 Hari 2 Malam

Uniknya Rumah Ada Suku Sasak Desa Segenter di Lombok
Silahkan tambahkan Bintang untuk artikel ini