fbpx
Wisata Ideal di Pura Masceti Bali

Wisata Ideal di Pura Masceti Bali

Wisata Ideal di Pura Masceti Bali. Pura Masceti sama seperti pura-pura di Bali pada umumnya. Pura Masceti memiliki konsep Tri Mandala. Pura ini adalah pura kahyangan jagat yang selalu dirawat dan dijaga sebagai tempat pemujaan Batara Wisnu.

Pura Mesceti adalah pura tua yang telah ada sejak aba ke 6 sebelum Masehi. Pura yang bersebelahan dengan pantai ini. Diyakini sebagai istana Bhatara Wisnu dan saktinya Dewi Sri.

Pura Masceti ini termausk pura suci yang sering dimanfaatkan untuk mencari kesaktian atau ilmu pangeweruh. Banyak umat Hindu yang kemudian menjadikan pura ini sebagai lokasi untuk menyepi. Dan tempat untuk mengasingkan diri dari hiruk pikuknya kehidupan.

Pada bagian Nista mandala pura terdapat pohon besar yang dibawahnya terdapa pelinggih. Dengan fungsi sebagai tempat pemujaan Batara Ratu Lingsir Baten Ketapang.

Dalam sebuah purana menyebutkan, keberadaan pura Masceti telah ada sejak zaman dulu. Tapi belum ditemukannya bukit tertulis dari sebuah prasasti. Namun berdasarkan Dwijendra Tatwa, pura ini memiliki kaitan dengan perjalanan Dhang Hyang Dwijendra.

>> Kunjungi juga : Bali Treetop Adventure Park Wisata Menarik Wajib Dicoba

Dwijendra Tatwa adalah kisah perjalanan suci seorang tokoh rohaniawan dari Jwa bernama Dhang Hyang Dwijendra. Dhang Hyang Dwijendrea adalah seorang brahmana suci dari keraajaan Dalem Waturenggong.

pura masceti, tour bali, wisata bali

Memasuki ke Madya mandala maka terdapat beberapa tempat pemujaan. Dan pendopo sebagai tempat peristirahatan umat Hindu yang lain di pura ini. Sedangkan pada bagian samping terdapat balai Kulkul.

Pada bagian dalam Pura Masceti terdapat beberapa tempat pemujaan atau pelinggih. Seperti Meru Tumpang Lima yang merupakan pelinggih utama untuk memuja Ida Batara Masceti. Meru Tumpang Lima ini berdampingan dengan Meru Tumpang Tiga pelinggih Batara Ulu Suwi.

Sedangkan pada bagan selatan digunakan sebagai tempat pemujaan Batara Sagara, pelinggih sedahan, pelinggih penyarikan serta pelinggih pertiwi. Kebersihan Pura Mescati diperlihara, dijaga dan dirawat oleh 20 penduduk Subak. Dimana mereka berasal dari sekitar Desa Medahan, Keramas dan Tedung.

Pura Masceti ini berada dekat dengan Pantai Masceti. Yakni terletak pada bagian utaranya. Berada di Desa Medahan, Kelurahan Keramas, Kecamatan Blahbatu, Kabupaten Gianyar. Dari kota Gianyar pura ini hanya berjarak sekitar 5 km saja.

Dengan berwisata ke Pura Masceti ini anda dapat menikmati arsitektur pura yang unik. menikmati pemandangan pura dan pantai indah sekitar. Juga mengenal sejarahnya lebih jauh lagi. Bagi anda yang sedang berencana wisata ke Bali. Tak ada salahnya untuk mengunjungi Pura Masceti ini.

>> Kunjungi juga : Paket Wisata Bali 3 Hari 2 Malam

Wisata Ideal di Pura Masceti Bali
Silahkan tambahkan Bintang untuk artikel ini