wisata musium geologi bandung

Wisata Musium Geologi Bandung, Murah Dan Mengedukasi

Kota Bandung memang menjadi salah satu tempat yang sering kali dijadikan destinasi wisata. Apalagi tempat ini juga banyak memiliki peninggalan nasional dari warisan leluhur. Contohnya materi geologi yang cukup melimpah seperti fosil, batuan, dan juga mineral yang tersimpan dalam musium yang cukup terkenal di Bandung yakni Wisata Musium Geologi Bandung.

Musium yang cukup terkenal di Bandung ini didirikan pada 16 Mei 1928. Kemudian mendapatkan renovasi dengan dana bantuan yang cukup besar dari JICA (Japan International Cooperation Agency). Setelah mendapatkan renovasi, kemudian dibuka kembali dan pada saat itu diresmikan oleh putri dari Soekarno yakni Megawati Soekarno Putri pada 23 Agustus 2000.

Lokasi Dan Akses

Wisata Musium Geologi Bandung ini tepatnya berada di Jalan Diponegoro Nomor 57. Lokasinya pun juga strategis di tengah kota dan letaknya dekat dengan Gedung Sate yang juga menjadi salah satu ikon Bandung. Tersedia banyak sekali alat transportasi umum yang melewati musium.

Jarak tempuh hanya 25 menit saja dari Bandara Husein Sastranegara, kemudian dari Stasiun Kereta Api Bandung sekitar 15 menit. Jika dari Terminal Bis Leuwi Panjang sekitar 30 menit dan jika dari Terminal Bus Cicaheum sekitar 15 menit.

Harga Tiket Masuk Dan Jadwal Buka Musium

Harga Tiket untuk memasuki Musium Geologi ini adalah Rp 2.000 untuk pelajar. Sedangkan untuk umum adalah Rp 3.000 dan Rp 10.000 untuk wisatawan asing. Adapun jam buka dari Wisata Musium Geologi Bandung adalah dari pukul 8.00 pagi sampai 16.00 sore pada hari Senin-Kamis. Sedangkan hari Sabtu dan Minggu buka pada pukul 8.00 pagi sampai 14.00 siang. Tutup pada hari Jumat dan hari libur nasional.

Pembagian Isi Musium

Wisata Musium Geologi Bandung terbagi menjadi 2 lantai. Pada lantai pertama terdapat berbagai ruangan yakni Ruang Orientasi, Ruang Sayap Barat dan juga Ruang Sayap Timur. Sementara pada Lantai 2 pun juga dibagi menjadi 3 ruang utama yakni ruang barat, tengah dan timur. Pada ruang barat dikhususkan hanya untuk staff musium saja. Berikut penjelasan lebih lanjutnya :

1. Lantai 1

Lantai 1 ruang orientasi berisikan berupa peta geografi Indonesia beserta kegiatan geologinya berbentuk animasi. Sedangkan ruang sayap barat terdapat informasi hipotesis terjadinya bumi dan miniatur hasil kegiatan gunung api aktif di Indonesia. Sedangkan pada ruang sayap timur menyajikan perkembangan sejarah makhluk hidup primitif sampai modern serta kumpulan fosil tengkorak manusia purba dan dinosaurus.

2. Lantai 2

Pada lantai 2 ruang barat dipakai khusus untuk staf musium, sedangkan ruang tengah menyajikan maket tambang emas yang beserta dengan miniatur pengeboran minyak serta gas bumi. Ruang timur pun dibagi menjadi 7 ruangan kecil yang berisikan tentang tataan geologi bagi manusia dan semua informasi tentang aspek positif dan negatif dari tataan geologi kehidupan khususnya yang ada di Indonesia.

Fasilitas Di Musium

Musium Geologi Bandung ini juga memberikan beragam fasilitas untuk pengunjung, diantaranya adalah auditorium dan ruang edukasi yang bisa digunakan sebagai tempat pemutaran film, seminar, serta kegiatan lainnya yang berhubungan dengan pendidikan.

Tak hanya itu saja, ada pula toko cinderamata khas musium geologi seperti buku dan alat peraga geologi yang bisa dibeli oleh pengunjung. Serta masjid untuk pengunjung beragama islam yang ingin melaksanakan sholat, serta poliklinik gratis dan toilet yang terletak di sekitar ruang auditorium dan ruang peraga.

Itulah informasi lengkap mengenai Wisata Musium Geologi Bandung. Jadi jangan ragu untuk datang ke tempat wisata yang satu ini. Selain harga tiket masuk yang sangat murah dan kaya akan sejarah, wisata ini pun juga sangat mengedukasi serta menambah wawasan mengenai ilmu geologi.