Wisata Religi di Goa Batu Caves

Wisata Religi di Goa Batu Caves

Wisata Religi di Goa Batu CavesSejarah Berdirinya Batu Caves, Batu Caves atau yang dalam bahasa Indonesia disebut sebagai Gua Batu adalah sebuah bukit kapur yang didalamnya memiliki gua dan serangkaian gua yang dijadikan sebagai tempat beribadah umat Hindu di Malaysia. Gua ini merupakan salah satu kuil hindu terbesar di luar India, yang diperuntukan kepada Dewa Murugan.

Pada tahun 1860, gua ini dikenal dengan gua penghasil pupuk sayuran yang ditemukan oleh petani petani di daerah setempat. Namun sebelum ditemukannya lading pupuk disana gua ini dulunya merupakan gua hasil cacatan Kolonial, dyles dan syres serta naturalis Amerika, William Hornaday pada tahun 1878. Batu kapur pembentuk Batu caves ini diperkiraan umurnya sudah 400 tahun, dan merupakan jalan atau pintu masuk bagi masyarakat adat temuan.

Karena bentuk pintu masuknya yang berbentuk “Vel”, gua ini dipromosikan sebagai tempat ibadah yang kemudian didirikan oleh K. Thamboosamy Pillai dan didedikasikan sebagai kuil untuk Dewa Murugan seorang Dewa Perang yang sangat terkenal di Negara Bagian Tamil Nadu, India dan Srilanka. Kuil yang diperuntukan untuk Dewa Murugan ini merupakan sebuah rasa terimakasih karena telah menginspirasi banyak sekali laki laki Tamil untuk selalu berani dalam menghadapi segala permasalahan dirinya, bangsa dan negaranya.

Wisata Religi di Goa Batu Caves. Dalam kawasan wisata Batu Caves, tak hanya kuilnya saja yang menjadi ciri khas tempat ibadah umat Hindu disana, namun sebuah patung Dewa Murugan juga berdiri tepat didepan pintu masuk Kuil. Patung ini berdiri setinggi 42,7 meter dan terbuat dari emas. Tempat ini juga sering dijadikan sebagai acara festival keagamaan umat Hindu atau Suku Tamil yang ada di sekitar Batu Caves, festival ini dinamakan dengan festival Thaipassum yang tak lain untuk Dewa Murugan. Festival ini dilaksanakan sekitar bulan Tamil ( Januari akhir / Februari awal ).

>> Kunjungi : Promo Paket Tour Malaysia Murah

Wisata Religi di Goa Batu Caves

Perkembangan Wisata Batu Caves

Perkembangan wisata Batu Caves dimulai dari banyaknya para pengunjung kuil yang berniat beribadah kesana, karena banyaknya Suku Tamil yang tinggal di Malaysia menjadikan kuil Batu Caves ini sebagai kiblat ibadah umat Hindu dan berziarah disana. Lama Kelamaan para pengunjungnya pun tak hanya orang – orang yang mau beribadah ataupun berziarah saja, tetapi mereka datang sebagai para wisatawan yang hendak menikmati suasana kuil dan ingin mengetahui sejarah Batu Caves itu sendiri.

Karena lonjakan wisatawan yang semakin meningkat tangga kayu yang dulunya merupakan jalan utama menuju Batu Caves, kini telah diganti menjadi ratusan anak tangga beton. Hal ini pula lah yang menjadikan Batu Caves ini menjadi salah satu wisata religi terkenal di Malaysia.

Jalur Perjalanan Wisata Batu Caves

Wisata Religi di Goa Batu Caves. Untuk dapat sampai di Batu Caves, anda harus melewati sekitar 272 anak tangga beton dan tentunya pada saat anda menaiki anak tangga ini pastikan kondisi anda sedang dalam keadaan yang benar benar sehat. Untuk alternative lain anda juga bisa menuju lokasi dengan menggunakan kereta dari stasiun KL central dengan biaya yang tidak terlalu mahal hanay RM2 dan menghabiskan waktu sekitar 30 menit saja.

>> Lihat juga : Promo Paket Wisata Singapore Murah

Wisata Religi di Goa Batu Caves

Wisata yang Ada di Batu Caves

  • Patung Dewa Muragan

Wisata Religi di Goa Batu Caves. Patung berwarna kuning keeemasan ini dibuat dari 1.555 kubik beton, 250 ton baja, dan 300 liter cairan emas yang didatangkan langsung dari negri gajah putih Thailand. Patung ini memiliki tinggi yang sangat fantastis yaitu 42.7 meter, dan digadang – gadang sebagai patung tertinggi di dunia.

  • Upacara Thaipasum

Thaipasum adalah sebuah acara keagamaan umat Hindu Tamil yang sangat penting dilakukan sebagai tanda penghormatan kepada Dewa Murugan yang telah melindungi mereka. Mengapa festival ini dilakukan pada bulan Tamil ? karena Dewa Murugan lahir pada bulan Thai yaitu bulan ke-10 dalam kalender Tamil. Festival Thaipasum pun menjadi salah satu festival yang mamapu menarik perhatian para wisatawan, pada bulan itu wisatawan yang datang bisa mencapai hingga 1,6 juta pengunjung sekali setiap festival, bisa dibayangkan betapa penuhnya Wisata Batu Caves itu. Maka tak heran bila pada saat itu Batu Caves akan ramai pengunjung baik oleh penganut agama Hindu maupun para wisatawan lain yang ingin menyaksikan festival Tahipasum.

Selain sebagai objek wisata religi, Batu Caves juga dijadikan sebagai objek wisata para turis domestic maupun mancanegara yang ingin datang kesana.

  • Tiga Goa Utama

Wisata Religi di Goa Batu CavesWisata Religi di Goa Batu Caves. Goa yang berdiri 100 meter diatas tanah komplek Batu Caves ini memiliki 3 goa utama yang ukurannya lebih kecil. Goa terbesar dari Batu Caves ini dikenal dengan goa Katedral yang tingginya mencapai lebih daqri 100 meter dengan langit – langit goa yang unik dan menandakan ciri khas kuil.

>> Lihat juga paket wisata ini : Paket Wisata Bangkok 4 Hari 3 Malam

Wisata Religi di Goa Batu Caves
Silahkan tambahkan Bintang untuk artikel ini